Jumat, 01 Juni 2012

Tongue Tie Part 2

Seperti yang sudah diceritakan di sini, akhirnya gw n obby sepakat untuk 2nd opinion masalah ini ke Dr. Jimmy Passat beliau dokter spesialis anak subspesialis syaraf, dapet rekomendasi dari @resnaNS. Dr Jimmy ini dokter yang cukup senior dan kebeneran praktek di Rs. Hermina Bogor. Karena gosipnya antriannya panjang kaya kereta gue pun reserve dulu via phone lupa deh dapet nomor berapa kalo ga salah puluhan gitu. Gue dateng habis maghrib sekitar jam 7 malam, udah bekel roti sama astor buat nenangin Maliq kalo kelamaan nunggu + kalo nangis abis diperiksa :p Abis daftar, ditimbang dll nunggu cuma sebentar eh langsung dipanggil...Alhamdulillah banget. Kesan pertama sama dokter ini bae n kayanya sabar. 
Gw terus terang bilang ke Dr Jimmy bahwa kita perlu 2nd opinion untuk pendapat dokter yang periksa Maliq sebelumnya, bahwa keterlambatan bicara Maliq katanya dikarenakan tongue tie dan disuruh untuk insisi. Dr Jimmy tanya riwayat kesehatan Maliq secara detail dari lahir sampai sekarang, lahir dengan cara apa, berat badan ketika lahir, asi atau engga, ada gangguan pendengaran atau tidak dan lain sebagainya secara detail. I like this doctor :) Step selanjutnya dia periksa Maliq dibagian mulut dan bibirnya, Maliqnya sudan cencu nangis kejer kaya mau di gebugin hehehehe maaf ya nak. Setelah itu mulai deh dia kasi pendapat :
D : Tali lidahnya bukan tipe yang didepan bu, masih ditengah. * Trus dia gambar di kertas sambil ngejelasin mengenai lidahnya Maliq. * Anaknya tidak ada masalah menyusui kan?
Gw : Ga dok, anak saya Asi sampai 2 tahun 4 bulan.
D : Berat badan juga bagus ya. Saya lihat juga anak ibu bicaranya jelas, biasanya kalau ada masalah dengan tali lidah bicaranya itu kurang jelas seperti orang kumur2.
(Selama pemeriksaan Maliq emang ngoceh mulu pas nangis pun masih manggil mami mami, giliran disodorin astor baru anteng hehehe).
Gw : Sebenernya tongue tie itu bisa menyebabkan terlambat bicara ya dok?
D : Kalau menyebabkan terlambat bicara sih engga, biasanya kesulitan dalam beberapa huruf aja seperti L, D, T dan R. Saya juga sering nyuruh anak untuk insisi pada kasus tongue tie tapi ya ga semua. Anak ibu ini ga perlu, ini menurut pendapat saya ya. Di observasi aja , terapi wicaranya dilanjutin aja.
Gw : Tapi anak saya ini memang termasuk terlambat ya dok?
D : memang terlambat bu tapi ga terlalu juga, kan sudah bisa bikin kalimat sederhana kan.  Pada anak laki2 memang biasanya terlambat tapi normal ko.
Gw : iya sih dok dia udah bisa ngomong 2 kata.
D : Tapi kalau ibu memang mau make sure bisa ke dokter gigi dan mulut untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tapi saya pribadi sih tidak menyarankan untuk insisi. Di stimulasi terus aja diajakin ngobrol.
Gw : iya dok

Setelah diskusi kita anggap cukup, keluar deh kita Maliq pun dadah2 sama opa dokternya. Pas lagi di kasir baru sadar tasnya Maliq ketinggalan, akhirnya balik lagi keruang prakteknya. Eh pas udah sampe parkiran boneka mr. zero si Maliq juga ga ada, cek lagi keruang praktek dokternya...malu booo dokternya sampe bilang oo boneka yang kuning yaa hehehehe. Tapi ternyata ga ada di ruangan dokternya, ya sutra lah direlain aja yaa. Perasaan gw terus terang legaa banget, walopun insisi itu tergolong operasi kecil tapi ngebayangin pemotongan tali lidah anak sendiri tuh bikin gw jadi lemeees bangeet. Kita aja yang orang dewasa pasti ngerasa ga nyaman banget apalagi anak kecil  udah gitu makannya banyak lagi :p . Tadinya gw berencana untuk bawa Maliq ke dr gigi spesialis bedah mulut tapi dikabarin sama mba dewi (terapis wicaranya Maliq) tanggal 26 Mei itu jadwal evaluasinya Maliq, jadi gw pikir sekalian aja deh tanyain masalah ini juga ke dr rehab mediknya. Nanti gw posting juga sekalian dengan evaluasi terapi wicaranya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © My Petite Familia | Theme by BloggerThemes & frostpress | Sponsored by BB Blogging