Jumat, 01 Juni 2012

Evaluasi Terapi Wicara Maliq & Tongue Tie Part 3 (end)

Waktu evaluasi terapi wicara Maliq itu berbarengan sama hari lamaran kaka ipar gw, untungnya dokter rehab medik ada dari pagi jadi gw pun udah ngatur jadwal paginya ke dokter dulu trus siangnya langsung kerumah mertua buat lamaran kaka ipar gw. Supaya mempersingkat waktu kita sekeluarga udah dandan lengkap pake batik ke dokternya jadi bisa langsung cus ke rumah Mertua. Gw dateng jam setengah 10 dokternya belom dateng aja deh. Ga lama kemudian Mba Dewi terapisnya Maliq dateng, sempet ngobrol2 sebentar trus gw sempet tanya2 juga mengenai tongue tie nya Maliq kata dia nanti coba didiskusiin ke dokternya aja, gw sempet juga bbm an sama mba Dewi abis periksa ke dokter pertama kali maliq di diagnosa tongue tie. Menurut mba dewi sih maliq gpp, memang lidahnya belum bisa ke atas aja karena biasanya kalo tongue tie pas anak menjulurkan lidah itu berbentuk love, itu kata mba Dewi.
Untungnya ga lama kemudian Dokternya dateng, kita dipanggil jam 10. Mulai lah dia evaluasi perkembangan bicara Maliq, katanya bilabialnya Maliq udah bisa sebagian tapi untuk huruf yang ditengah rata2 belum bisa katanya. Gw pun cerita mengenai perkembangan bicara Maliq yang cukup signifikan selama sebulan terakhir ini, mungkin sekarang Maliq udah bisa 100 kata lebih deh, gw kadang pulang kantor pun masih suka amaze sama pertambahan kata si bocah...Alhamdulillah ya Allah. Trus gw pun cerita mengenai diagnosa Maliq tongue tie, trus dia tanya gw periksa ke dokter apa dan siapa, sambil dia liat lidahnya Maliq. Intinya gw di "marahin" sama dr dyah ini :p katanya lidah tidak perlu di insisi karena lidah Maliq bisa dijulurin sampai jauh melebihi bibir bawah, menurut dia kalo tongue tie biasanya lidah itu susah keluar lebih dari bibir bawah karena tertahan oleh tali dibawahnya. Trus dr dyah bilang bahwa Maliq itu keterlambatan bicaranya masih dalam tahap normal untuk anak seusianya apalagi anak laki2, karena Maliq itu konsentrasi dan lain2nya sudah bagus, hanya pengucapannya saja. Jadi secara konsep bahasa itu cuma pengucapannya saja yang belum matang...telor kaliii :) Maliq itu  hanya perlu di stimulasi saja terus. Jadi jangan di insisi ya bu. Trus gw sempet ngomong kalo Maliq masih kesulitan untuk naikin lidah ke langit2, ngomong L sama D belum jelas. Dijawab dokternya sambil senyum...ya karena umurnya bu memang umur segini masih dalam tahap belajar ko, belum lancar pengucapan artikulasinya kalau dede ini gpp ko bu, ibu jangan panik ya kemampuan sekarang ini normal ko. Kalau ibu lagi panik masukin terapi wicaranya diseringin aja...bayariiin ya dooook hehehehe. Perkembangan bicaranya juga udah lumayan banyak kan sekarang, stimulasi terus ya dirumah diajakin ngobrol teruuuus. Maliq ketemu saya 3 bulan lagi ya, jangan panik ya bu. Siap doook.....keluar udah mau jam setengah 11, mo bayar antri pulaa begitu selesai langsung tancap gas, soalnya udah di telpin kalo rombongan keluarga semua udah siap  tinggal nungguin kita aja, anak bawang ga sopan niih :p. Jadi untuk sementara option untuk insisi Maliq kita coret dulu yaaa, tiap hari mami sikat lidahnya ya naak. Jadi menurut gw penting banget untuk mencari opini lain apabila itu berhubungan dengan kesehatan terutama kesehatan anak ya. Jangan sampai kita nyesel kemudian hari setelah dilakukan tindakan *amit2 ketok meja...Tapi pastinya sebagai orangtua kita pasti ingin yang terbaik untuk anaknya kaan. Mudah2an Maliq bisa cepet nyanyi



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © My Petite Familia | Theme by BloggerThemes & frostpress | Sponsored by BB Blogging