Kamis, 03 Mei 2012

Resep Gampil

Akibat di paksa minta untuk nyiapin bekel makan siang buat dibawa ke kantor oleh sang suami, jadi sekarang tiap pagi kegiatan gw nambah selain masak buat Maliq plus buat bapaknya juga...eh gw pikir sekalian aja deh gw juga bawa bekel kan sekalian ini masaknya jadi bisa lebih ngirit wkwkwkwk. Kalo Maliq kan masaknya masih yang taraf gampil2 aja yaa plus dia belum bisa komplen kalo ga suka paling ga di makan :D, nah kalo masak buat Bapaknya kaaan berarti harus sesuai selera dese dong kalo ga mau denger komentar tajam setajam sileet. Apalagi kemampuan masak pun minim, pernah dong masak air juga gosong karena kelupaan. Akhirnya gw pun mencari masakan yang gampil dan pasti Obby suka, jadi stock WAJIB ada dirumah adalah tepung bumbu jadi buat bikin ayam ala Ka ep Ce biasanya gw pake merek Kobe ato Sasa dan Saus Tiram...sembah buat orang2 yang nemuin dua bumbu itu bisa bikin makanan enak dalam sekejap :) dadah2 sama mecin. Nah menurut suami gw rasa dari masakan gw sekarang udah mulai enak dan ada kemajuan..horeee kalo awal2 selalu rasanya anyeb ato kurang asin lah (ya maap kebiasaan masak buat Maliq papiiih). Nah gw mo share aja beberapa resep gampil masakan ala kadarnya tapi tetap lezat di lidah...hadeeeuh.

Warning : Karena gw chef amatir jadi bumbunya pun ga pake takeran cuma berdasarkan kira2 dan icip2 masakannya. Maapkeun yaa....
 
Kangkung Saus Tiram

Bahannya :
Kangkung lah pastinya
Bisa ditambahin sayuran lain such as kembang kol, jagung manis, toge, dll)
Bakso (optional)
Bawang merah & Bawah Putih (di iris tipis)
Cabe (bisa cabe merah, hijau ato rawit) banyaknya disesuaikan aja suka pedes ato ga
Saus tiram satu sendok

Cara Bikinnya :
- Tumis bawang merah, putih dan cabe sampe wangi.
- Masukkin Kangkung, sayur, bakso kasi air sedikit.
- setelah aga layu baru dimasukin saus tiram trus dibumbuin pake garam dan gula secukupnya.
- Masak sebentar, angkat dan sajikan.

Ayam Balado

Bahannya :
Ayam dipotong2 jangan terlalu besar ya
Bawang putih bubuk
kaldu ayam bubuk (gw pake al sultan)
Lengkuas sepotong digeprek
Daun salam

Bumbu Halus :
Bawang merah 
Bawang putih
Cabe merah besar 
Cabe rawit besar
tomat antara 1 atau 1/2 buah

Cara Bikinnya :
- Ayam ditaro diwadah bumbui dengan bawang putih bubuk, kaldu ayam bubuk + garam secukupnya.
- Diamkan kurang lebih setengah jam. Kemudian goreng ayam sampai matang dan berwarna kecoklatan.
- Tumis bumbu halus sampe mateng ya, kalo ga mateng rasanya jadi bawang bangeeet tambahin lengkuas sama daun salam, bumbuin deh pake garam dan gula secukupnya.
- Setelah bumbu halus matang, masukin ayamnya aduk2 sampe bumbu merata.
- Matikan kompor jadi deeeh.

Kering Tempe Kacang

Bahannya :
Tempe ya iya laaah (tempenya diiris tipis2 dan kotak kecil ya biar crunchy)
Kacang tanah
Gula Merah secukupnya kira2 2-3 ruas jari (diiris2 dulu ya jangan dimasukin gelondongan)
Asem seuprit terus dilarutin pake air ga usah terlalu banyak tergantung banyaknya tempe
Lengkuas & Daun Salam

Bumbu Halus :
Bawang merah 
Bawang putih
Garam

Cara bikinnya :
- Goreng tempe dan kacang sampe aga kering ya, biar kriuk2 gitu. Angkat
- Tumis bumbu halus plus lengkuas dan daun salam, masukin gula merah dan air asem.
- Masak sampai bumbu berbentuk kaya karamel, matikan kompor
- Masukkan tempe kering dan kacang, aduk2. Selesai deh tinggal di masukin omprengan.

Lumayan lah, tiga resep diatas bisa jadi menu satu kali makan siang, besok masak apa yaaaa. Kalo ga enak tolong saya jangan di timpuk :) Selamat mencoba....





0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © My Petite Familia | Theme by BloggerThemes & frostpress | Sponsored by BB Blogging