Rabu, 11 Mei 2011

Money and Me....

Yap, ini adalah nama salah satu acara di radio U-fm yang suka gue dengerin, ngebahas segala macam yang berhubungan dengan uang mulai dari investasi sampai gaya hidup. On air tiap hari Kamis jam 7 pagi di acara nya Lia Atmajaya n Imam Wibowo, narasumbernya Prita Ghozie dari Zap Finance.  Inget pernah dengerin ini pagi2 dikreta lagi ngebahas tentang asuransi kesehatan/jiwa. Pas banget karena kemaren2 sempet kepikiran buat bikin asuransi kesehatan buat Maliq alesannya karena sebagai PNS hanya di cover oleh Askes (sama suami juga ga di cover).
Tau sendiri kan Askes hanya bisa di pake di rumah sakit tertentu biasanya rumah sakit pemerintah yang standar pelayanannya masih kurang bagus menurut gue ya, plus belum tentu dokter nya Maliq praktek di rumah sakit tersebut (sampe sekarang belum nemu dsa yg bener2 cocok hunting teruuuus). Nah kebetulan ada temen kantor gue yang buka unit link dan agennya sempet ke kantor dan gue sempet tanya2 sedikit mengenai unit link tersebut, yang pada saat itu menurut gue cukup menguntungkan dimana kita bisa berinvestasi plus dapet manfaat asuransi kesehatan dan jiwa tersebut (ternyata saya salaaah). Nah, di acara ini Prita Ghozie cukup jelas menerangkan mengenai tips n trik kita untuk memilih asuransi kesehatan/ jiwa. Gue rekap seinget gue aja ya soalnya dengerinnya juga udah telat :
  1. Beli produk asuransi jiwa hanya bila kita punya tanggungan. Tanggungan yang di maksud ini bukan hanya anak dan suami, tapi bisa juga anggota keluarga, dengan arti bahwa ada seseorang yang bergantung pada kita setiap bulannya secara financially.
  2.  Apabila kita, suami atau anak sudah ditanggung oleh kantor, tidak perlu membuat asuransi kesehatan lain walaupun biaya preminya kecil. Karena akhirnya malah jadi wasting money, karena asuransi dengan premi kecil makanya biasanya manfaat yang kita dapet juga kecil.
  3. Tentukan mau kita atau tujuan kita itu apa. Kalau memang niatnya memang mau asuransi lebih baik pilih asuransi murni, sedangkan kalau niat kita untuk investasi maka pilih yang pure investasi juga. Jadi produk seperti unit link yang gabungan antara investasi dan asuransi itu tidak disarankan, sebab return yang akan kita dapatkan akan menjadi tidak maksimal. Kenapa tidak maksimal? Karena pundi2 keuntungan kita akan ada yang masuk ke asuransinya gituu dengan jumlah yang lumayan juga.
  4. Biaya yang dikeluarkan untuk asuransi kesehatan/ jiwa itu maksimal 5 % dari gaji kita.
  5. Lebih baik pilih asuransi yang pake sistem kartu, maksudnya dengan menunjukkan kartu asuransi tersebut tagihan kita bisa langsung kebayar jadi kita ga perlu nalangin dulu. Kalo yang nalangin dulu namanya reimburst kurang menguntungkan karena belum tentu kita punya uang cash yang cukup pada saat itu udah ribet sakit mesti nalangin biaya di rumah sakit abis itu repot ngurus claimnya ke asuransi tersebut, capeee deh.
  6. Perlu di inget bahwa penyakit yang ditimbulkan dari penyakit bawaan itu tidak di cover, gue juga baru tau tuh. Jadi misalnya gini lu sakit asma, nah begitu apply kan biasanya ada medical check upnya dulu tuh, terus hasilnya positif penyakit asma, jadi sebelum lu masuk asuransi tersebut lu udah sakit asma kan. Nah di kemudian hari apabila lu masuk rumah sakit dikarenakan penyakit asma tersebut maka tidak akan di cover oleh asuransi karena itu merupakan penyakit bawaan. Aneh ya gue juga sampe sekarang masih ga abis pikir. Untuk pastinya silahkan di cek dengan agen asuransi anda :p
Apalagi ya, kaya segitu doang yang inget nanti kalo ada yang inget eike update lagi deh. Kalo masalah family financial planning kayanya banyak banget pr nya neh plus gue juga banyak maunya. Selain pemikiran soal asuransi, gue juga amat sangat ingin punya reksadana. Ilmu tentang reksadana ini selain gue baca di internet banyak juga gue peroleh dari acara radio ini (sumprit gue ga di bayar sama U fm hehehehe) mengingat biaya pendidikan yang tiap taun naiknya bisa 20 %  *nangis dayaak, gimana jamannya Maliq sekolah ya. Reksadananya ini gue liat salah satu bentuk investasi yang bisa mengakomodir besarnya kenaikan biaya pendidikan tersebut. Mudah2an di kasih rejeki yang cukup sama Allah SWT amiin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © My Petite Familia | Theme by BloggerThemes & frostpress | Sponsored by BB Blogging