Senin, 25 April 2011

Miris....

Pulang les Mandarin dapet pengalaman yang baru sekali gue dapetin seumur idup. Seperti biasa jam 10 pagi setelah les mandarin gue bertiga dengan teman mau balik lagi ke kantor yang di Pejambon, nunggu bis di seberang Pusdiklat liat tukang es podeng langsung ngiler deh akhirnya kita bertiga beli es dulu sambil nunggu bisnya dateng. Bapak yg jualannya baik lagi sambil nunggu bis kita dikasi duduk di kursi ala tukang bakso, lagi enak-enaknya makan tau2 bapak es nya buru2 beresin dagangannya dan pedagang sekitarnya pun sibuk beresin dagangan masing, kita pun otomatis langsung bangun sambil bantuin beresin kursi yang kita pake duduk tadi.
Ternyata ada razia satpol PP, semua benda kaya kursi, meja, dll (selain barang dagangannya) yg ga keburu diberesin sama pedagang di ambil sama Satpol PP, yang kasian di ujung jalan ada ibu-ibu bawa anak kecil yang kayanya ga keburu beresin dagangannya jadi semua kursi, meja dan tenda kecilnya diangkut ke dalam truk Satpol PP. Kita bertiga cuma bisa bengong aja ngeliatin kejadian itu, sempet ada laki2 yang ngomong ma gue "orang-orang itu ga punya hati ya mba", gue cuma bisa senyum aja. Miris ya ngeliat pemandangan kaya gitu, gue mikir gimana kalo gue jadi mereka ya gimana perasaannya saat itu pasti sedih banget. Sebenernya kalo kaya gini tuh siapa yang salah ya? Dimana cari pekerjaan di Indonesia ini susah banget dan mereka hanya bisa mengandalkan cara berjualan seperti itu, tapi mungkin tempatnya yang kurang tepat ya. Tapi balik lagi apakah pemerintah juga sudah menyediakan lahan yang layak dan "terjangkau" bagi para pedagang kaki lima itu. Karena dengan melakukan razia seperti itu, tapi tidak memberikan solusi bagi para pedagang kaki lima itu ya sama aja boong seh kalo kata gue. Pas 2 hari kemudian gue les lagi, pedagang kaki lima itu balik lagi jualan disana. So, razia menurut gue cuma buang2 waktu...jadi kalo memang mau menertibkan para pedagang kaki lima berikanlah mereka tempat pengganti untuk berjualan sehingga menghasilkan win win solution. Itu menurut gue looo :p

2 komentar:

Bintang mengatakan...

I was there with u. Wheww.. emang sadis yak??? Yang namanya razia seperti itu bukanlah sebuah solusi, melainkan hanya menunda masalah untuk kemudian menjadi masalah yang lebih besar lagi.. :(

Solusinya adalah pengembangan ekonomi yang berbasis kerakyatan dan bukannya berpihak kepada pengusaha kelas kakap semata....

Arie Widia Apriliani mengatakan...

bijak sekali dirimu...setujuuuu

Posting Komentar

 
Copyright © My Petite Familia | Theme by BloggerThemes & frostpress | Sponsored by BB Blogging