Jumat, 24 Januari 2014

Si cantik Bern

Got my first biztrip to Europe so i'm super duper excited for sure, sebenernya gw jalan taun kemaren tapi baru sempet cerita disini sekarang hehehe better late than never, right?! Negara tujuannya adalah Bern Switzerland, gw disana kurleb 5 hari. I decided to use Swiss Airlines, non stop flight kurleb 11 jam di pesawat, tepooos. For the flight, overall cukup puas pesawatnya on time, the food and entertainment was ok. Dari Los Angeles arrived di Zurich terus lanjut naek kereta ke Bern, sungguh iri sama perkereta apian disini, i wish our country have it. Keretanya nyaman bgt untuk ukuran kelas ekonomi dan on timenya ga kira2 sesuai banget sama jadwal. Dari Zurich ke Bern kurang lebih 1-2 jam, gw janjian sama temen gw dari Warsawa bareng2 ke Bern nya, di Bern kita nginep di rumah temen kantor. Bern ini kotanya cantik banget, pemandangannya sungai n bukit dan juga tram. Jadi sarana transportasi umumnya adalah tram, kita bisa ambil petanya di stasiun kereta, kalau memang mau jalan2 pake transportasi umum di swiss mending kita beli swiss pass, swiss pass nya ada beberapa macam pilihan, yaitu 4, 8, 15 dan 22 hari. Untungnya adalah kita bisa naek semua transportasi umum (transportasinya itu tram, kereta dan perahu cmiiw) di switzerland selama hari yang dipilih. 

ini tram nya



Buat yang suka pemandangan dan suasana tenang pasti seneng tinggal disini, gw pribadi bilang kota ini cucok buat pensiunan. Jam 9 malem aja jalanan udah sepi banget, kalo nyasar kayanya gw nangis aja ga ada yang bisa ditanyain hehehe. Peraturan di apartment temen gw (ga tau ini berlaku buat semua atau engga) adalah diatas jam 10 malem udah ga boleh mandi karena suara showernya berisik, kita aja ngobrol jaga tone banget alias bisik2 hahahaha omigot ga ada ketawa ngakak cewe2 bergosip tengah malam. O iya satu hal lagi yang mau gw bilangin adalah living cost disini luar bisa muahaal sodara2, gw compare biaya makan di LA n disini, gw disana makan di asian food (kaya chinese food gitu deh) nasi plus satu buah lauk kurleb $20 plus air putih botolan $4. Meanwhile, kalo gw makan di LA chinese food perorang paling $10 udah dengan menu yang sama tapi lauknya dua ( air putih yang di dispenser gratis kalau mau soda tambah $2) jadi dari biaya makan aja udah dua kali lipatnya. Udah gitu mall hari sabtu kalau ga salah buka cuma sampe jam 7 malem dan hari minggu tutup yap tutup...pas kan kalo gw bilang kota ini cucok buat pensiunan hehehe tapi soal pemandangan gw acungin 5 jempol baguuus banget. Here are the list tempat2 yang sempet gw datengin selama di Bern :

1. Bernisches Historisches Museum & Einstein Museum
Gw ga sempet masuk jadi cuma numpang lewat doang, buat yang suka sejarah wajib ke museum ini. Buat info lengkap bisa baca di sini. Nah buat yang nge fans sama the Genius Albert Einstein, disini juga ada Einstein Museum, info lengkapnya silahkan baca di sini.



2. The Catedral of Bern (Das Berner Münster)
Gereja ini merupakan gereja terbesar di Swiss, katanya pengerjaan gereja ini perlu waktu 150 tahun. Info lengkapnya bisa baca di sini.



3. House of Parliament
Kalau kata kita sih gedung MPR ya, di depannya ada air mancur pas gw dateng pas summer jadi banyak anak2 yang lagi maen air disitu. Udah gitu ada becak juga disini, tapi becaknya keren banget hehehe bisa diliat di poto.





4. The Bear Park
Beruang disini udah kaya "maskot" nya kota Bern, jadi tempat ini kaya taman di atas sungai terus beruang2 ini dibiarin berkeliaran di area taman itu, kita bisa liat beruangnya dari atas taman. Kalo si Maliq ikut pasti dia seneng banget deh. Bagus bangeet...




5. Clock Tower (Zytglogge)
Ini mungkin "Bigben" nya Bern, jamnya bukan cuma angka aja tapi juga ada gambar astronominya. 



6. Gurten 
Gurten ini taman luaaas banget di atas bukit kalau menurut webnya sih 864 meters above sea level, buat nyampe ke tamannya kita harus naek  kereta, ada beberapa pemberhentian sebelum sampai di puncaknya. Disini ada biayanya, tapi gw ga tau berapa karena kalo pake swiss pass gratis. Klik di sini untuk informasi lengkapnya. Subhanallah deh disini baguus banget, ijoo dimana2 backgroundnya gunung Alpen dan kota Bern. Buat toddler atau anak yang doyan lari2 cocok banget disini plus disini juga ada playgroundnya, jadi pengen banget bawa Maliq kesini mudah2an kecapai ya amiin. Disini setiap summer ada yang namanya gurten festival, waktu gw kesana udah ada tenda2nya tapi belum di mulai. Jadi kita disini cuma menikmati pemandangan sama tidur2an di rumput.
  


di dalem kereta otw to gurten





7. Rose Garden (Rosengraten)
Bisa dibaca taman bunga mawar, cuma pas kesana semua bunganya belum mekar masih kuncup semua. Jadi ya kaya taman biasa aja, kata temen gw kalo lagi mekar tamannya bagus banget. Tempat ini rame banget banyak yang piknik juga, kalo gw perhatiin hampir semua taman di Bern itu rame, jadi dari yang tua sampe yang muda kalo nongkrong2 itu di taman mereka bawa minuman dan makanan deh....seru ya. 






Well, kayanya itu semua tempat yang gw kunjungin di Bern. Bisa jadi salah satu pilihan buat yang mau honeymoon karena kotanya romantis banget n tenang. Mudah2an bisa balik lagi kesini sekeluarga...Amiiin

1 komentar:

l i a c t k mengatakan...

Sungguh aku iri! hahaha

Posting Komentar

 
Copyright © My Petite Familia | Theme by BloggerThemes & frostpress | Sponsored by BB Blogging