Jumat, 16 Maret 2012

Evaluasi Terapi Wicara Maliq

Setelah 2 bulan Malq mengikuti terapi wicara, it's time for evaluation ! Dijadwalin ketemu lagi sama dokter rehabilitasi mediknya. Eh sabtu kemaren gue lupa aja mo ke dokternya, ya udah jadinya baru senen deh dan itu pun gw kelupaan bawa buku catetan terapinya Maliq *tepok jidat. Ya sutra lah, akhirnya karena udah terlanjur sampai sana juga, mari ketemu sama tante dokter ya Maliq. Setelah ngobrol panjang lebar, akhirnya dapat disimpulkan target terapi belum dicapai yaitu Maliq belum bisa bilabial, tapi udah ada beberapa yang bisa tapi belum banyak. Pengertian dari Bilabial itu sendiri gw ambil dari wikipedia adalah konsonan dwibibir atau dalam ilmu fonetika sebuah konsonan dwibibir adalah konsonan yang diucapkan menggunakan kedua belah bibir.
Jadi huruf apakah diucapkan menggunakan kedua bibir sodara2??? Huruf-huruf yang sedang maliq pelajari adalah /p,/b, dan /m. Huruf2 tersebut diletakkan dalam kata2 yaitu di depan, tengah dan belakang contohnya papa : apa : ap. Mari kita list maliq udah bisa kata2 apa aja ya, sekalian gue juga nginget2 nih :p.
List konsonan bilabial Maliq :
1. Mama, mamam (kadang mau kadang engga)
2. Papa, apa, ap (ini juga kadang mau kadang engga)
3. Abah, bah, ab
4. Mimi (baru2 aja bisaa horeee)
5. Nyam 

Kalo bilabial kayanya baru segitu, apa  gue yang lupa ya maap karena gue juga ga nyatetin hehehehe. Nah kalo Maliq itu baru bisa ngomong kata yang satu rhyme aja, dia kan udah bisa mama dan mimi tapi kalo gue minta ngomong mami dia pasti ngomongnya mama mimi jadi belum bisa yang beda huruf vocalnya. Trus pas gue bilang Maliq kayanya lebih nyaman dengan gerak tubuh dibanding harus bicara, dokternya malah bilang "Maliq ini udah pinter bu dia itu bukannya nyaman dengan gerak tubuh tapi dia itu takut salah dan terlihat ga bisa di depan orang lain makanya dia menggunakan gerak tubuh" dan gue sama laki gue pun ber ooooo panjang :). Memang iya sih untuk beberapa kata baru yang keluar, dia pertama2 ngomongnya pelan2 nah begitu dia udah sure kalo kata itu bener dan ditepokin orang serumah (^_^") baru deh dia berani firm say it out loud. Kaya waktu baru bisa ngomongnya mimi, pertama2 dia nunjuk gelas dan batuk2 itu tandanya dia mau minum, terus gue tanya "Maliq mau apa?" trus dia ngeliat dengan tampang jail terus sambil nyengir ngomong pelan2 "mimi". Nah besok2nya sih dia udah pd kalau minta minum bilang mimi. Satu lagi, Maliq udah bisa bilang mau, jadi kalo ditanya dia udah bisa jawab "mau" tapi kalo ga mau langsung geleng2 sambil bilang nyo nyo nyo. Alhamdulillah banget ya Allah, jadi terapi wicara masih diterusin, ga ada tambahan terapi apapun karena yang di perlu dilatih memang hanya wicara yang lainnya normal. Target 2 bulan ke depan adalah fasih bilabialnya, mudah2an cepet bisa yaa. Semangat anakku, mami n papi will always be there for you *peluk kenceng bangeeet


1 komentar:

uya mengatakan...

Semoga malik cepet dapet kemajuan rie , doain anakku juga hiks lagi aku latih aiueo biar ngomongnya jelas .. Bentar lagi udah 4 tahun nih sampe bingung mau masukin pg atau tk

Posting Komentar

 
Copyright © My Petite Familia | Theme by BloggerThemes & frostpress | Sponsored by BB Blogging