Sabtu, 07 Januari 2012

Late Talker

Udah beberapa bulan ini gw rajin baca2 soal "Late Talker" pada anak, soalnya di umur 2 tahun 3 bulan ini kosa kata yang Maliq bisa ga lebih dari 10 kata dan semua rhyme nya "a" contohnya mama, abah (paling jelas), papa, ada, mamam, ajah, nyam nyam. Maliq lebih suka menggunakan bahasa tubuhnya atau gerakan2 anggota badan untuk menunjukkan keinginannya. Walaupun perkembangan yang lainnya ga ada masalah, untuk motoriknya paling jago kalo suruh panjat2, loncat2, lari pokonya permainan fisik udah ok banget, dan dia mengerti apa yang kita bicarakan atau suruh. Jadi Maliq itu udah bisa disuruh2, nunjuk anggota badannya juga udah bener, kontak mata juga ok kalo di nasehatin pasti natap mata emaknya dengan tatapan melas hehehe. Tapi kalo giliran latihan ngomong, biasanya berakhir ngambek n marah2. Sebelum umur 2 taun gw masih berusaha santai, tapi pas udah deket umur 2 taun belum ada perkembangan udah mulai deg2an deh gw, mulai tanya2 n browsing sana sini. Gw sempet baca artikel ini yang menurut gue mirip kaya Maliq, ternyata salah satu faktor penyebab late talker adalah anak yang mempunyai berat badan kurang dan lahir lebih cepat dari waktunya, dimana bb Maliq waktu lahir adalah 2,3 kg soalnya gw ngelahirin lebih cepet 3 minggu dari perkiraan, gw quote deh sedikit dari artikel tadi. 

Researchers have yet to agree upon an explanation for this specific delay. They have determined, though, that Late Talkers are more likely to have a family history of early language delay, to be male, and to have been born at less than 85% of their optimal birth weight or at less than 37 weeks gestation [1]. It has also been determined that approximately 13% of two year olds are late talkers [2].
Walaupun ga semua anak dengan kasus seperti itu akan menjadi late talker ya. Akhirnya, gw sama laki gw sepakat kita ke dokter buat periksain Maliq lebih baik lebih cepet kan daripada kenapa2 gitu, mulailah gw review beberapa klinik tumbuh kembang yang ada di Bogor, karena pertimbangan Dsanya Maliq juga praktek di sana diputusin kita ke klinik tumbuh kembang di Afiat Bogor. Sebelum di refer ke klinik tumbuh kembang pertama kita di minta untuk konsultasi dulu ke dokter rehabilitasi mediknya. Setelah konsultasi dan ditanya macem2 sama dokter Diah, untuk sementara di simpulkan Maliq tidak ada kelainan lain hanya keterlambatan bicara aja, Amin Ya Allah. Trus di sarankan untuk ikut terapi wicara, menurut beliau memang kebanyakan anak2 yang terlambat bicara itu laki2 karena mereka lebih ke kegiatan fisik banget sehingga proses mendengarnya juga selewat2 aja. Setelah itu kita bikin appointment ketemu sama terapisnya, pertemuan pertama kita langsung masuk keruangan terapinya biar Maliq familiar katanya, mulailah kita diskusi macem2 mengenai apa dan bagaimanakah terapi wicara ini. Ternyata TV juga bukan faktor utama anak menjadi late talker, karena gw juga sempet baca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa TV dapat menyebabkan anak menjadi late talker, walopun begitu tetep harus diperhatiin apa sih yang di tontonnya. Yang ga boleh itu anak nonton film yang ga ada suaranya sekarang kan banyak banget tuh film bisu kaya Shaun the sheep, bernard bear, tom n jerry itu beberapa contoh film yang kurang bagus untuk anak2 kita ya, jadi tontonan yang boleh itu yang ada omongan n pendidikan boleh juga dalam bentuk lagu tapi itu juga tetep harus di dampingi ya nontonnya juga harus 2 arah, ga boleh juga anak di setelin TV trus di tinggal aja dalam waktu yang lama. Trus di ajarin juga cara massage mulut buat merangsang otot2 mulutnya, nanti seiring berjalannya terapisnya bisa diketahui ada atau engganya gangguan pada organ oral di mulut anak (mudah2an Maliq normal semua Amin). Untuk selanjutnya Maliq akan mulai terapi wicara 2 kali seminggu, satu kali terapi hanya 30 menit saja dan tidak boleh ditemenin. Menurut terapisnya, sesi pertama anak akan ngamuk selama terapi tapi untuk selanjutnya sih biasanya udah mau. Kalo itu gue udah yakin banget Maliq bakalan ngamuk pas sesi pertama hehehe dia kan agak lama adaptasi dengan orang dan lingkungan baru. Trus sekolahnya juga kan disarankan untuk dihentikan sementara karena bahasa pengantarnya bahasa inggris, di khawatirkan perbedaan bahasa bakal bikin Maliq tambah bingung. So, bye bye Tumble tots for a moment ya nak, kasiaan padahal Maliq seneng banget sekolah di situ. Mari kita berdoa mudah2an Maliq ga perlu terapi lama2 dan langsung bisa lancar ngomongnya Amin Ya Allah. Sampai sekarang Maliq udah 3 kali terapi nanti gw share juga ya sesi terapinya Maliq :) Belajar yang bener sama Bu Dewi (nama terapisnya Maliq) ya, biar mami bisa curhat hehehe

4 komentar:

Anonim mengatakan...

hai moms...anakku juga di diagnosis late talkers..ternyata ada kemiripan soal 3 weeks born before time..tapi anak saya cewek..sekarang udah 2,8th..klo disuruh bicara,sukanya geleng atau berbisik..sejak kecil sih aku sering teriak ke dia krn panikkan..yah salah satu banyak kekuranganku deh moms..sedihnya,anakku sukanya memang film bisu,dan anakku motorik kasarnya bagus spt cerita moms..sama juga sekolah di tumble tots yg bahasa pengantar inggris..jadi ada kebingungan bahasa juga anakku..trus aku dan papanya suka sekali melarang"no khaka"no khaka"..beserta mimik papanya yg jutek klo marah krn gadgetnya diganggu khaka..jadi dokter juga advise kita untuk nggak meninggikkan suara kita dan mengusahakan mimik kita biasa2 aja(gak bole marah)..duh sedih dan susah yaaa..jadi anakku tuh takut melakukan kesalahan dan berekspresi untuk mengungkapkan maunya..ya sudah deh..skrg baru mau di therapy wicara di citta bangsa bekasi..i wish u luck as i wish mine too moms..thanks for the story..

Arie Widia Apriliani mengatakan...

aduh mba berpelukan, emang jadi orangtua itu ga gampang ya masih banyaak yg harus dipelajarin. Mari kita nyemangatin satu sama lain, mudah2an anak2 kita bisa cepet baca puisi amiiin :)

Anonim mengatakan...

Mbak Arie, boleh sharing lg gak kelanjutan terapi di afiat bogornya, karena kami mempunyai pengalaman yang kurang enak dengan terapis di sana. Kondisi anak kami, Darrel, 2 thn 3 bln saat ini, sama persis dengan kondisi Abang Maliq seperti yang Mbak Arie gambarkan di atas. Kami sudah melakukan terapi sebanyak 4 x, namun selalu Darrel menangis bahkan terapi minggu lalu Darrel menangis hingga muntah. Hari ini Darrel terapi kembali dan terulang kembali kejadian Darrel menangis hingga muntah, dan di sini lah terjadi situasi yang kami tidak pernah bayangkan sebelumnya. Pada saat Darrel sedang diganti bajunya oleh neneknya, sang terapis melewati Darrel sambil berbicara : lain kali saya masukan mobil2an nya ke mulutnya biar kapok.... DEG !!! Betapa terkejutnya nenek Darrel mendengar ucapan yang keluar dari mulut sang terapis. Saya dikabari dan langsung browsing dan saya dapatkan tulisan dari Mbak Arie ini. Saya masih menginginkan terapi bicara untuk anak kami Darrel, namun dengan kejadian yang kami alami tadi kami menjadi bingung. Mohon sharing kembali pengalaman Mbak Arie bersama Abang Maliq selanjutnya ya Mbak.

Arie Widia Apriliani mengatakan...

Mba maaf ya baru sempat balas, mba bisa diskusi langsung via email ke aapriliani@yahoo.com thanx

Posting Komentar

 
Copyright © My Petite Familia | Theme by BloggerThemes & frostpress | Sponsored by BB Blogging