Jumat, 04 Maret 2011

Susahnya nyari DSA yang cucok....

Sempet posting bahwa gue mantap untuk ganti dsa maliq yang dulu dengan yang baru (baca sini yaa), tapi ternyata diriku berakhir dengan kuciwa alias kecewa juga dengan dsa tersebut. Minggu kemaren Maliq sempet sakit, panas tinggi (sempet 39 dercel lebih) ditambah dengan batuk berdahak + pilek, panasnya naik turun selamam 3 hari ga ada perkembangan. Akhirnya senin pagi gue bawa ke dsa Maliq yang baru, dsa tersebut menurut gue memang enak penjelasannya cukup detail. Tapi sampai bagian pemberian obatnya yang gue kurang sreg, dia tanya "dikasi puyer bisa ya bu", langsung gue jawab " jangan puyer ya dok" trus laki gue nambahin "puyer bukannya sudah tidak digunakan di negara lain ya dok".
Nah disitu gue liat raut mukanya mulai berubah, trus gue tanya lagi deh kira2 kaya gini pembicaraannya :
gue : memangnya anak saya sakit apa ya dok?
dsa : ada bronchitisnya bu
gue : ko bisa ya, taunya dari mana dok?
dsa : iya lendirnya terlalu banyak jadi bisa berkembang jadi bakteri didalem
gue : bisa kaya gitu ya??
dsa : ya udah dikasi puyer aja ya?
gue : kalo bukan puyer ga bisa ya dok?
dsa : obatnya terlalu banyak, puyer itu gpp bu asal dibuat oleh yang diizinkan seperti dokter, apoteker bukan oleh bidan. trus dia gambarin sendok....jadi nanti obat digerus trus ditaro disendok dikasi sirup pemanis, ga pait ko.
gue : dalem ati (gue juga tau cara minumin puyer ke anak gue), karena udah males...ya udah dok.
Say thanx terus keluar dari ruang prakteknya, bayar kekasir tapi resepnya ga gue tebus. Ga tau deh kayanya gue ga terima aja anak gue dibilang bronchitis, karena kalo diliat dari gejala2nya seh cuma batpil biasa trus penjelasannya yg bilang lendir terlalu banyak bisa berkembang jadi bakteri didalem juga kayanya gue berasa gimana gitu. Karena setau gue bronchitis itu penyebabnya juga virus kan ya bukan bakteri...cmiiw lagi. Setelah diliat di resepnya dalam puyer itu ada 5 jenis obat + 1 sirup pemanis gitu deh. Akhirnya gue pun mencari dsa laen hehehe hobby banget ya cari second opinion. Akhirnya pilihan jatoh ke Dr. Ali Sjahri kebeneran praktek deket rumah juga, tapi antreannya boo buanyaaaaak banget, jadi daftar aja dulu deh ntar siangan baru dateng lagi, plus dokter ini ga punya asisten jadi daftar langsung ke dokternya kocak juga ya. Siangnya balok lagi, untung nomornya belom kelewat soalnya kata ibu2 disitu kalo nomornya kelewat wassalam deh berarti kita kudu nunggu sampe pasien terakhir....hadeeeh. Udah dikasi tau kalo dokternya ini aga2 nyentrik, begitu masuk diminta untuk nimbang tapi trus ditinggalin dokternya masuk kedalem, begitu keluar langsung nanya "beratnya berapa?" untung udah sempet nimbang di dsa sebelumnya hehehehe ditanya2 kenapa, mulai panas dari kapan, mulai batuk n pilek dari kapan, trus langsung periksa deh. Karena ini second opinion begitu selesai meriksa laki gue langsung nembak intinya kita ini minta second opinion karena ngerasa ga sreg dengan pengobatan yang diberikan. FYI, dokternya ini logatnya suroboyoan yang memberi "kesan" ngotot nada bicaranya, laki gue kayanya ga tahan jadi dia keluar duluan sambil bawa maliq yang nangis. Sementara gue didalem, konsultasi sama dokternya mengenai kontroversi puyer tersebut, intinya sebenernya dsa yang ini juga masih memberikan puyer tetapi karena gue ngotot ga mau puyer dia ngikutin mau gue plus dia memberikan penjelasan panjang lebar mengenai apapun yang gue tanyain dengan jelas tanpa ada kesan ga suka di mukanya. Daan gue tanya sebenernya anak saya sakit apa ya dok? dia jawab batuk pilek biasa ko bu...alhamdulillah ga ada bronchitis seperti diagnosa dokter sebelumnya tapi memang dahak/lendirnya itu banyak kasi cairan yang banyak aja gitu deeeh. Jadi walaupun dengan sedikit ngotot2an gue bisa dapet pengobatan yang "lumayan" sesuai dengan mau gue. So the point is, kita sebagai pasien pun sekarang harus pinter ya, bukan bermaksud bilang bahwa kita bisa lebih pinter dari dokter yang udah sekolah taunan & jam praktek yang udah lama juga, cuma seengganya kita pun harus rajin mencari info mengenai penyakit yang biasa diderita oleh baik kita sendiri, anak, suami dan keluarga terdekat kita. Apalagi buat anak ya, gue amat sangat hati2 dalam hal ini, sekali lagi untung gue ikutan milis sehat dimana gue bisa belajar banyaaak banget mengenai penyakit2 langganan anak dan penanganannya serta pengobatan yang pro rum (rational use of medicine), nah hal2 yang kita pelajari sendiri ini yang gue harapkan bisa gue diskusikan dengan dsanya maliq dengan enak dan panjang lebar sehingga kita sebagai orangtua pun mengetahui dan mengerti mengenai hal2 tersebut. Dengan dr. Ali ini gue lumayan bisa diskusi panjang lebar sih cukup puas lah, kalo dsa yg sebelumnya gue meliat perubahan raut muka yang semula ramah banget jadi kurang ngenakin gitu....tapi sepertinya pencarian dsa buat Maliq belum berakhir sampe disini, gue masih mencari dsa yang ga perlu ngotot2an atau ga perlu request khusus ga pake puyer hehehehe tapi gue lebih berharap dan berdoa banget Maliq ga perlu ke dsa lagi dalam jangka pendek ataupun panjang amien ya Allah :). Sehat terus ya boy...kiss kiss

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © My Petite Familia | Theme by BloggerThemes & frostpress | Sponsored by BB Blogging